Minggu, 19 Mei 2013

RAFTING SEI BAH BOLON

Arung jeram Sie Bah Bolon sebenarnya termasuk wilayah Serdang Bedagai, merupakan wisata andalan kabupaten tersebut. Kabupaten Serdang Bedagai berdekatan dengan kotamadya Tebing tinggi, kebetulan lokasi arung jeram tersebut kita tempuh kurang dari satu jam dari rumah saya.

Untuk mencapai lokasi sebenarnya ada dua jalan dari tebing tinggi , bisa melewati perkebunan Pamela atau lewat rumah sakit Pabatu. Saya memilih melewati rumah sakit Pabatu karena lebih dekat dan jalan lebih bagus daripada melewati perkebunan Pamela.




tentang paket paket arung jeram, ada yang 6 jam dan ada yang 4 jam lamanya mengarungi sungai. Berhubung saya datang di lokasi sudah siang saya beserta anak anak hanya bisa yang 4 jam. Perlengkapan untuk mengarung juga di siapkan dan di pakai di situ, yaitu baju pelampung ,helm, dayung dan perahu, tidak lupa istruktur sudah siap menemani kita mengarung.


Perjalanan untuk menuju awal start kita melewati perkampungan  yang rata rata pada berjualan hasil kebun mereka terutama buah buahan. Kebetulan pas lewat  musim durian, lebih murah harganya daripada di Tebing Tinggi. Kira kira setengah jam perjalanan , sampailah di desa Huta bayu yang merupakan awal start kita.

Setelah perahu di pompa kita turun ke sungai Bah Tamal. Sungai Bah Bolon itu sebenarnya terbentuk dari dua anak sungai yaitu sungai Bah Tamal dan sungai Bah Kulistik. Pada pertengahan  mengarung kita menjumpai pertemuan dua anak sungai tersebut.

Begitu sampai di tepi sungai kita sudah di suguhi pemandangan yang asri dan alami. Hijaunya daun dan rimbunnya pohon pohon besar seakan akan memanjakan mata kita untuk selalu mengagumi ciptaan Tuhan. Kanan kiri sungai banyak di tumbuhi pohon pohon besar yang sudah berumur lama, sehingga daunnya di atas sungai menghambat sinar matahari ,jadi kita tidak kepanasan di siang hari.


Menurut instruktur kita sungai Bah Bolon memiliki beberapa jeram yang di namai  dan ada levelnya juga , seperti jeram Mikey level 2, jeram Sihorbo level 3, jeram ngehek level 3+ dan jeram roll coaster level 2 dan 3, dan masih banyak lagi jeram lainnya.


Semua nama jeram itu di sesuaikan dengan keadaan jeram dan yang di rasakan ketika kita mngaruhi jeram itu. Seperti jeram ngehek, jeram itu mampu membalikan perahu, sedang jeram roller coaster karena  memiliki arus sungai yang tidak terputus putus  seperti permainan rolling coaster. Kedalaman sungai yang bisa mencapai 6 m membuat kita bisa terjun ke sungai dari tebing. Kita tidak takut tenggelam karena kita di lengkapi dengan baju pelampung.


Sepanjang perjalanan kita masih banyak menjumpai pemandangan orang mencuci pakaian dan mandi di sungai. Masyarakat masih memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari hari. Air sungai memang masih jernih sekali dan masih banyak mata air di sepanjang sengai. Penambang pasir dan batu kerikil juga biasa kita jumpai selama mengarungi sungai. Di pertengahan jalan tepatnya di pertemuan anak sungai Bah Tamal dan  Bah Kulistik kita berhenti sejenak untuk istirahat  menikmati bekal kita dan memberi kesempatan anak kita bermain di sungai. Berendam di sungai yang jernih dan airnya yang dingin membuat badan kita segar luar biasa, bisa menghilangkan penat dan stress kita.